Pelatihan Penyusunan Silabus, RPS, dan Kontrak Perkuliahan Berbasis SN DIKTI

Pelatihan Penyusunan Silabus, RPS, dan Kontrak Perkuliahan Berbasis SN DIKTI


Medan – STAI As-Sunnah melaksanakan pelatihan tentang penyusunan Silabus, Rencana Pembelajaran Semester (RPS), dan kontrak perkuliahan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI). Dalam ruang Workshop Lantai 3 Gedung Utama STAI As-Sunnah, Dr. Rahmat Hidayat, MA, Wakil Rektor I Universitas Dharmawangsa Medan, memimpin kegiatan ini sebagai pemateri utama.

Dengan antusiasme, pakar pendidikan Islam, Dr. Rahmat Hidayat, memberikan wawasan yang mendalam mengenai pengembangan silabus, RPS, dan kontrak perkuliahan. Fokusnya adalah memastikan bahwa kurikulum yang disusun oleh dosen-dosen mengikuti standar yang telah ditetapkan oleh SN DIKTI.

Partisipasi dari lebih dari 37 dosen dari Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan beberapa prodi lainnya menambah nilai dari kegiatan ini. Mereka hadir dengan tujuan untuk memperdalam pengetahuan mereka dalam menyusun dan mengimplementasikan kurikulum yang memenuhi standar mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

Dr. Rahmat Hidayat, dalam sesi pelatihan, menjelaskan bahwa penyusunan silabus, RPS, dan kontrak perkuliahan adalah fondasi utama dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif. “Kurikulum yang baik dan sesuai dengan standar menjadi kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan,” ujarnya.

Salah satu momen penting dalam kegiatan ini adalah pengembangan RPS dan Kontrak Perkuliahan oleh peserta. Kolaborasi antar-dosen dari berbagai Program Studi PAI dan prodi lainnya menjadi poin krusial dalam memperkaya hasil pelatihan ini.

Wakil Ketua Bidang Akademik I, Dr. Wagiman Manik, M.Pd.I, turut memberikan dukungan yang luar biasa kepada para peserta. Dalam sambutannya, Dr. Wagiman Manik menekankan peran penting dosen dalam menjamin kualitas pembelajaran di perguruan tinggi.

“Pendidikan yang berkualitas membutuhkan dosen yang mampu menyusun kurikulum yang tepat dan terukur. Keterlibatan dosen dalam menyusun silabus, RPS, dan kontrak perkuliahan adalah pondasi yang kokoh dalam mencapai standar pendidikan yang diinginkan,” ucap Dr. Wagiman Manik.

Pelatihan ini memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya mengikuti standar yang ditetapkan oleh SN DIKTI. Kolaborasi antar-dosen dari berbagai prodi juga menjadi nilai tambah dalam menghasilkan kurikulum yang lebih komprehensif dan relevan dengan tuntutan zaman.

Dunia pendidikan terus berkembang, dan peningkatan kualitas kurikulum menjadi suatu keharusan. Pelatihan semacam ini merupakan langkah awal yang krusial dalam memastikan bahwa kurikulum yang disusun oleh perguruan tinggi mampu menjawab kebutuhan zaman dan mempersiapkan mahasiswa untuk tantangan masa depan.

Harapannya, kegiatan pelatihan di STAI As-Sunnah ini akan memberikan dampak positif dalam peningkatan mutu pendidikan tinggi, khususnya dalam penyusunan silabus, RPS, dan kontrak perkuliahan yang memenuhi standar. Hasil kolaborasi dosen-dosen dari berbagai prodi diharapkan akan terus mengalir ke dalam implementasi pembelajaran yang lebih baik bagi mahasiswa.

Pelatihan ini tidak hanya menjadi kesempatan belajar bagi para dosen tetapi juga merupakan investasi dalam perbaikan pendidikan tinggi yang akan memberikan dampak jangka panjang bagi perkembangan intelektual generasi penerus bangsa.

Jangan lewatkan informasi terkini terkait dunia pendidikan dan inovasi terbaru dalam kanal kami. Kami akan terus menghadirkan berita terupdate seputar perkembangan dunia pendidikan di Indonesia dan secara global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *